Blog Sederhana Arek Malang Selatan

Saturday 24 October 2009

Pacaran Beda Agama

Pacaran

Salah satu fase penting dalam sebuah relasi antar laki-laki dengan perempuan, di masa remaja khususnya, adalah fase pacaran. Mengapa penting? Sebab dalam fase ini orang masuk dalam proses penjajagan. Bukan untuk melihat apakah cocok atau tidak. Atau yang lebih sering dipakai, apakan kita jodoh atau bukan dengan pasangan kita.
Dalam pemahaman Kristiani, kita tidak pernah mengenal jodoh. Tuhan tidak menjodohkan orang. Yang kita hayati adalah Tuhan mempersatukan orang dalam ikatan pernikahan. Karena itu, pacaran adalah upaya penjajagan untuk melihat apakah kita mungkin untuk menjalani hidup berumah tangga dengan orang pilihan kita.
Melalui fase pacaran ini kita berupaya untuk mengenal lebih dekat calon pasangan. Latar belakang keluarga, sifat dan kebiasaan, kekuatan dan kelemahan, dan masih banyak lagi. Semua ini harus dilakukan dengan baik dan benar. Sebab pernikahan -- pada gilirannya -- adalah proses yang mesti dilakukan dengan sangat serius. Keseriusan ini mesti kita mulai sejak dini, dan fase pacaran adalah langka awal sebelum kita masuk dalam ikatan pernikahan.
Dengan demikian, kita memang mesti menyadari bahwa yang dimaksud dengan pacaran dalam hal ini bukan sekadar dalam tataran cinta monyet. Fase yang menempatkan relasi pacaran itu sekadar dalam situasi lebih dekat daripada pertemanan biasa. Yang muncul dalam cinta monyet adalah keinginan untuk lebih dekat dengan seseorang, merasa lebih spesial, bisa berbuat lebih jauh yang umumnya ditandai dengan kesenangan berduaan saja. Umurnya tak pernah lebih dari seumur jagung. Belum ditandai dengan kedewasaan berpikir dan bersikap.
Sedangkan yang kita coba soroti saat ini adalah fase pacaran yang serius. Fase yang menempatkan pacaran sebagai salah satu langkah untuk memasuki jenjang pernikahan atau berkeluarga. Sehingga pacaran memang memerlukan pemikiran yang serius.
Teens, tentu saja kamu tak perlu mengernyitkan dahi dan bersiap buat mengajukan protes, dengan mengatakan bahwa kalian masih jauh dari proses pernikahan. Ya, betul. Apa yang dipaparkan di sini adalah sebuah pemikiran awal, sehingga kalian punya sebuah pedoman. Bahwa saat ini kalian mungkin masih di fase cinta monyet, ya nggak apa-apa. Tapi, ketika kalian merasa bahwa relasi kalian semakin serius, makan ingat dab camkanlah, bahwa ada hal-hal yang mesti kalian pertimbangkan dengan cermat.

Peran Agama

Salah satu hal yang mesti kita cermati dengan serius adalah soal agama. Apalagi di Indonesia, yang masyarakatnya menempatkan agama sebagai salah satu pilar penting dalam membangun hidup bermasyarakat. Maka agama tidak pernah bisa disepelekan. Ingatlah beberapa konflik yang muncul di Indonesia, salah satunya disebabkan oleh agama. Dan ketika konflik ini meletus, maka akibat yang muncul sangat besar. Bukan itu saja, karena konflik yang disebabkan agama, relasi keluarga juga bisa hancur berantakan.
Nah, salah satu tantangan besar dalam hal ini adalah ketika kita jatuh cinta pada orang yang berbeda agama. Umumnya orang akan membela diri dengan mengatakan bahwa cinta itu tidak punya agama. Betul. Cinta itu tidak punya agama, orang tua, saudara, harta atau apa pun juga. Cinta ya cinta, titik. Pembelaan itu masih diikuti dengan pernyataan lain, seperti cinta itu buta, atau kita tidak bisa memilih dengan siapa kita jatuh cinta misalnya. Dengan mengatakan hal itu orang mau menyampaikan bahwa ia tak berdaya ketika berhadapan dengan cinta. Apalagi kalau yang mengalami hal ini kita sebagai orang Kristen. Bukan tidak mungkin kita akan mengutip ayat Alkitab untuk menegaskan dan mendukung sikap kita. Misalnya kita mengutip Kidung Agung 8:6, karena cinta kuat seperti maut. Begitu kuatnya sampai-sampai kita tak mampu lagi berpikir dengan jernih. Kalau sudah begini, makan kita akan melakukan apa saja demi nama cinta. Semua prinsip bisa kita langgar. Yang penting keinginan kita terlaksana. Teens, yang seperti itu tidak boleh terjadi. Cinta memang buta. Tapi jangan pernah dibutakan oleh cinta. Tuhan sudah memberikan akal budi kepada setiap manusia. Harus digunakan secara optimal.
Dalam berpacaran, konflik menjadi bagian yang tak mungkin dihilangkan. Yang bisa kita lakukan adalah meminimalkan setiap konflik yang ada. Beda agama bisa menjadi salah satu sumber konflik dalam pacaran. Padahal peran agama dalam pacaran tidak boleh menjadi salah satu sumber konflik. Sebaliknya, agama mestinya membuat proses pacaran kita berjalan dengan baik.
Agama mesti berperan sebagai salah satu perekat bukan pemecah. Namun, kita mesti realistis bahwa setiap agama memiliki perbedaan dengan agama lain. Mempersatukan setiap perbedaan bukan saja sulit, tapi hampir mustahil. Karena itu berpacaran beda agama mesti dihindari. Terlalu besar pertaruhannya. agaimana kita menghindari pacaran beda agama?
Sederhana saja. Ada 2 hal yang bisa kita lakukan. Satu, perbanyak pergaulan dengan teman-teman yang seagama. Dua, bersikap kritis dengan perasaan kita. Pada saat kalian merasa jatuh cinta dengan teman kalian yang berbeda agama, kalian mesti berpikir lebih kritis atas perasaan tersebut. Dan sejak awal, kalian mesti berani untuk berkata TIDAK atas perasaan itu.

Sudah Terlanjur

Bagaimana kalau sudah terlanjur? Pertanyaan ini sangat mungkin muncul. Mungkin kalian merasa seolah semua buntu. Tidak. Seperti sudah dipaparkan di atas, pacaran adalah salah satu fase saja yang mesti kita lalui. Dalam pacaran belum ada ikatan yang formal. Karena itu, masih mungkin buat kita perbaiki.
Jadi buat kalian yang sudah terlanjur, kami menganjurkan untuk mengakhiri relasi pacaran kalian, dan melanjutkannya dalam hubungan pertemanan biasa. Tak perlu merasa kiamat dan putus asa berlebihan. Pikirkanlah masa depan kalian.
Tentu saja ketika kalian mau mengakhiri relasi tersebut, mesti dibicarakan dengan tenang dan hati-hati. Bukan dengan buru-buru apalagi disertai emosi. Semua ini untuk menghindari kemungkinan munculnya salah paham.

Akhirnya

Nah Teens, semoga kalian bisa melihat betapa pentingnya pacaran yang baik. Salah satu cirinya adalah ketika kalian tidak berpacaran dengan orang yang berbeda agama. Ini memang tidak mudah, namun mesti kalian jalani.
Karena itu, akan lebih baik juga bila kalian tidak buru-buru buat pacaran. Tenang saja, tak perlu terpengaruh oleh mereka yang sudah berpacaran, tak perlu merasa malu bila belum berpacaran, tak perlu juga merasa tak laku. Ingatlah bahwa pacaran adalah salah satu fase, jadi pasti kalian akan melewatinya. Jika kalian memasuki masa pacaran pada waktu yang tepat, makan kalian akan dapat mempertimbangkan semua hal penting dengan baik.
Kalau hal itu bisa kalian lakukan, maka kami percaya proses pacaran kalian juga akan berjalan dengan baik. Kalaupun muncul konflik, maka itu bukan pada hal-hal yang mendasar, seperti agama, namun lebih pada upaya untuk mencari keselarasan. Dan dengan proses tersebut, kami juga percaya kalian pada akhirnya bisa menjadikan pacaran sebagai salah satu persiapan untuk masuk dalam ikatan yang lebih kokoh.
Last but not least, satu jargon di masa lalu yang kami kira masih relevan sampai sekarang : sesal dahulu pendapatan, sesal kemudian tak berguna. Selanjutnya, terserah anda :)

Pdt. Jan Calvin Pindo
sumber : Teens For Christ no. 39

1 comentar:

MIA said...

[IMG]http://i65.tinypic.com/4tuij7.jpg[/IMG]


KABAR GEMBIRA !!
Kami telah hadir untuk kalian nih guys .
Ingin Agent terbaik ?? Bosan kalah terus ??
Jangan asal pilih !! Saat nya merasakan sensasi kemenangan saat ini juga !!
Bukan memberikan janji Palsu !!
Memberikan BUKTI NYATA , bukan KATA2 !!
Yuk Bergabung bersama kami di : www.Kicau99.net
Dengan rate tingkat kemenangan tertinggi loh !!
Dan langsung di layani oleh CS Cantik yang profesional .
Yuk di buktikan langsung tingkat rating kemenangan terbesar nya , dan rasakan sensasi kemenangan nya ^^

Tersedia juga nih 8 Permainan dapat di mainkan di 1 User ID .
8 Game Tersedia :

• BandarQ
• DominoQ
• AduQ
• Bandar Poker
• Capsa Susun
• Poker
• Sakong
• Bandar66

Tingkat kemenangan tertinggi dan juga ada bonus spesial super besar nih di Kicau99.net

• Bonus Rollingan 0.3% ( Di bagikan setiap 5 hari sekali ) :shock:
• Bonus Referal 15% ( Bonus setiap mengajak teman2 untuk bergabung )

Tunggu apa lagi ? Gabung segera !!
Rate kemenangan tertinggi , Bonus terbesar , Pelayanan yang ramah , Prosed Depo & Withdraw tercepat , Tersedia 5 bank ternama , dan di layani oleh CS cantik & Profesional ..

Jika ada kendala atau ingin bertanya2 bisa langsung Add Contact kami :


• WhatsApp : +6281294974686
• LINE : kicauqq
• IG : kicauqq_official_poker

Link Website : www.Kicau99.net
Daftar User ID : REGISTER
LOGINSITE PKV : Kicau99.net

Jangan Lupa Mampir ke : http://kicauqqlounge.com/

Dengan pelayanan CS Profesional 24 Jam Nonstop , dan proses Depo & Withdraw Tercepat !!
Tersedia 5 Bank Ternama di Indonesia yang terdiri :

• Bank BCA ( 24 jam Nonstop )
• Bank Mandiri ( 24 Jam Nonstop )
• Bank BNI ( 24 Jam Nonstop )
• Bank BRI ( 24 Jam Nonstop )
• Bank Danamon ( 24 Jam Nonstop )
#KicauQQ #KicauQQ99 #LiputanKicauQQ #KicauQQ #KicauQQ99 #LiputanKicauQQ #QQKICAU #kicauqqku #kicauqqkita #kicauqqterbaik #kicauqqthebest #kicauqqgambling #qqkicau99 #qqkicauku #PKVGames kunjungi http://148.72.211.84

Post a Comment

silahkan kasih komentar ya.....